All for Joomla All for Webmasters
IT`S NOT WEBSITE, IT`S BRITE --- BRITE INDONESIA MEDIA BUYING HOUSE Tlpn : (021) 80875725 - 8091164, Fax : (021) 8015022 --- IT`S NOT WEBSITE, IT`S BRITE

Mau Menghilangkan Stres dan Depresi?Yuk Renang!

Renang merupakan salah satu cabang olahraga aquatik. Renang adalah upaya untuk menggerakkan (mengapungkan atau mengangkat) semua bagian tubuh ke atas permukaan air.
 
Adapun olahraga renang selain menyehatkan juga memiliki manfaat. Yaitu :
  1. Meningkatkan Kekuatan Otot dan Tulang
Dengan berenang, otot dan tulang jadi semakin kuat karena seluruh ototmu akan bergerak dan akan terbentuk sempurna.

  1. Menghilangkan Stres dan Depresi
Mungkin kamu tidak sadar bahwa dengan menyentuh air hatimu akan terasa lebih tenang. Apalagi berenang, kamu akan merasa rileks dan mood meningkat. Ketika berenang, otot-ototmu akan mengalami peregangan dan relaksasi, disertai dengan teknik pernapasan yang beriringan. Begitulah mengapa berenang dapat menyingkirkan stres dan depresi.

  1. Menurunkan Resiko Diabetes
Risiko diabetes dapat berkurang karena berenang mampu membakar kalori, lemak, dan gula. Berenang tiga kali seminggu dengan masing-masing berdurasi 30 menit, kalori yang terbakar bisa mencapai 900 kalori. Ini sangat memungkinkan kamu terbebas dari diabetes.
 
Berikut merupakan penjelasan 4 macam-macam gaya renang dan tekniknya dijelaskan secara lengkap dan gambarnya, yaitu :
  1. Gaya Dada
Gaya ini bisa dibilang menjadi jenis gaya renang paling populer terutama saat renang rekreasi. Teknik renang gaya dada juga disebut sebagai gaya katak. Dalam istilah internasional, renang gaya dada dikenal sebagai breaststroke swim.

Teknik gaya dada yaitu dengan berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air, namun batang tubuh selalu dalam keadaan tetap. Kedua belah kaki menendang ke arah luar sementara kedua belah tangan diluruskan di depan.


Kedua belah tangan dibuka ke samping seperti gerakan membelah air agar badan maju lebih cepat ke depan. Pernapasan dilakukan ketika mulut berada di permukaan air, setelah satu kali gerakan tangan-kaki atau dua kali gerakan tangan-kaki. Posisi tubuh stabil dan kepala dapat berada di luar air dalam waktu yang lama. Gaya dada dan gaya bebas menjadi dua gaya renang yang biasanya diajarkan pertama kali bagi perenang pemula.
  1. Gaya Bebas
Gaya bebas menjadi gaya renang yang paling umum karena tidak menggunakan gaya tertentu. Dalam istilah internasional, teknik renang gaya bebas dikenal sebagai freestyle swim.


Teknik gaya bebas yaitu dengan berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua belah lengan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh, sementara kedua belah kaki secara bergantian dicambukkan naik turun ke atas dan ke bawah. Saat berenang, posisi wajah menghadap ke permukaan air. Pernapasan dilakukan saat lengan digerakkan keluar dari air, saat tubuh menjadi miring dan kepala berpaling ke samping. Saat mengambil napas, perenang bisa memilih untuk menoleh ke kiri atau ke kanan.

Dibandingkan gaya berenang lain, gaya bebas merupakan gaya renang yang bisa membuat tubuh melaju lebih cepat di air. Gaya bebas dan gaya dada menjadi dua gaya renang yang biasanya diajarkan pertama kali bagi perenang pemula.
  1. Gaya Punggung
Gaya punggung menjadi salah satu jenis gaya renang yang diperlombakan secara resmi di Olimpiade dan lomba internasional lain. Dalam istilah internasional, teknik renang gaya punggung dikenal sebagai backstroke.
Teknik gaya punggung yaitu dengan berenang dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air. Gerakan kaki dan tangan serupa dengan gaya bebas, tetapi dengan posisi tubuh telentang di permukaan air. 

Kedua belah tangan secara bergantian digerakkan menuju pinggang seperti gerakan mengayuh. Mulut dan hidung berada di luar air sehingga mudah mengambil atau membuang napas dengan mulut atau hidung. Sewaktu berenang gaya punggung, posisi wajah berada di atas air sehingga perenang hanya melihat atas dan tidak bisa melihat ke depan. Sewaktu berlomba, perenang memperkirakan dinding tepi kolam dengan menghitung jumlah gerakan.
  1. Gaya Kupu-kupu
Gaya kupu-kupu merupakan gaya renang terbaru yang dipertandingan dalam lomba renang karena resmi diakui sejak tahun 1933. Teknik gaya ini juga disebut sebagai gaya lumba-lumba. Dalam itilah internasional, gaya kupu-kupu dikenal dengan sebutan butterfly stroke.

Teknik renang gaya kupu-kupu yaitu dengan berenang dengan posisi dada menghadap ke bawah, kedua belah lengan secara bersamaan ditekan ke bawah, lalu ke belakang dan kemudian digerakkan ke arah luar sebelum diayunkan lagi ke depan di atas permukaan air.


Pada saat tarikan tangan ke belakang, kedua belah kaki secara bersamaan menekan ke bawah. Gerakan kaki dan tangan ini dilakukan untuk mendorong badan bergerak ke depan (atau ke atas permukaan air untuk mengambil nafas). Pada saat kepala masuk kembali ke dalam air, tangan mengikuti masuk, dan kaki kembali menekan ke bawah. Dibandingkan dengan gaya berenang lain, gaya kupu-kupu memerlukan kekuatan yang besar dari perenang. Kecepatan renang gaya kupu-kupu didapatkan dari ayunan kedua belah tangan serta dorongan kaki secara bersamaan. Ketepatan irama sangat penting dalam gaya kupu-kupu.
Rate this item
(0 votes)
Login to post comments
No events found

 

 

DOWNLOAD OUR APP

Download on the App Store Badge.svg  en badge web generic

 

 

Go to top