All for Joomla All for Webmasters
IT`S NOT WEBSITE, IT`S BRITE --- BRITE INDONESIA MEDIA BUYING HOUSE Tlpn : (021) 80875725 - 8091164, Fax : (021) 8015022 --- IT`S NOT WEBSITE, IT`S BRITE

Hal yang Tidak ada Di Dunia Kampus

Sebanyak apapun kita belajar sewaktu di dunia perkuliahan, tp Ada hal-hal yang juga tak kalah penting yang harus kamu punya untuk mengahdapi dunia nyata setelah lulus kuliah dan ini tidak kita pelajari saat kuliah. Apa sajakah itu ?

1. Dunia kerja

Kebanyakan kampus tidak cukup baik dalam mempersiapkan lulusannya untuk dunia kerja. Sementara kamu berjuang mendapat IPK yang tinggi, namun hal itu merupakan aset yang diabaikan di dunia nyata. Tak peduli seberapa hafal kamu menyebutkan tabel periodik kimia, tak peduli seberapa handal kamu menyebutkan pasal-pasal dalam kitab undang-undang.

Tapi dapatkah kamu mengerjakan laporan dalam spreadsheet excel dan selesai tepat waktu? Apakah kamu bisa duduk sepanjang hari dan tetap produktif? Satu-satunya cara untuk membuktikan ini adalah melalui pengalaman kerja.

Sekolah dan universitas perlu tak hanya mengajarkan keterampilan fungsional murni yang usang dan mulai belajar dan fokus pada pengalaman belajar dunia nyata. Untuk mendapatkan pengalaman kerja kamu bisa magang maupun bekerja part time saat masih bersekolah atau kuliah.

2. Soft skills

Jadi kamu mendapat nilai sempurna dalam pelajaran fisika dan memahami apa itu hukum relativitas khusus. Tapi apakah kamu dapat mengajarkan orang lain dasar-sadarnya, di depan 50 orang, tanpa membuat mereka nampak bodoh?

Soft skill seperti pemecahan masalah, kerja sama tim, kecerdasan emosional, kemampuan berorganisasi adalah ranah dunia kerja. Tak peduli seberapa genius dirimu, kalau kamu tidak dapat bekerja dan berkomunikasi dengan baik dalam sebuah tim maka kamu akan kurang berguna.

Jadi ketika kamu masih bersekolah atau kuliah manfaatkanlah berbagai macam ekstrakurikuler dan organisasi yang ada. Di sana kamu bia belajar sesuatu yang tidak kamu dapat di kelas.

3. Realisme

Para pelajar atau mahasiswa saat ini idealis? Iya. Ambisius? Iya. Realistis? Tidak terlalu.

Bekerja di dunia nyata itu berulang-ulang, membosankan dan, sering dibayar rendah. Tentu, ada beberapa orang langsung bekerja setelah lulus dari universitas dan mendapatkan bayaran tinggi. Tetapi kebanyakan terjebak dengan penghasilan yang rendah utnuk beberapa tahun.

Kamu boleh saja bermimpi besar. Itu harus. Tapi kamu juga harus reaistis dalam melihat keadaan di depan kamu.

4. Kedewasaan

Universitas adalah waktu yang tepat untuk tumbuh mandiri, berada jauh dari orang tua. Tapi di kampus kita dipertemukan dengan tutor maupun dosen pembimbing, itu berarti banyak lulusan yang lulus tanpa sebuah proses pembimbingan. Kita memang selalu diberi deadline untuk setiap tugas yang kita lakukan, dan mereka selalu mengawasi, dan itu normal. Akan tetapi ini hanyalah simulasi belaka. Dalam dunia nyata sebenarnya, tak ada yang peduli apa yang kamu lakukan dengan hidupmu.

Itu bagian yang paling sulit bagi kebanyakan lulusan. Pendidikan mengajarkan kita bahwa kontribusi kita itu penting dan dihargai. Ketika kita keluar dari universitas dan menemukan hal yang tidak sesuai, sangat mudah untuk menjadi berkecil hati. Itulah mengapa begitu banyak orang kembali ke pendidikan atau mendaftar untuk menjadi pengajar, mereka sadar kehilangan mikrokosmos terstruktur dari sistem pendidikan.

Meninggalkan universitas adalah waktu yang sulit bagi semua orang. Kabar baiknya adalah bahwa sebagian besar berhasil melalui periode penyesuaian ini, menyesuaikan diri dengan kemerdekaan sejati. Mengindahkan peringatan dan mempersiapkan diri, dan mudah-mudahan kamu akan menyadari yang terbaik pada kenyataan belum datang.

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : CNN Indonesia

Rate this item
(0 votes)
Login to post comments

Brite-Genius-V4

No events found

 

 

DOWNLOAD OUR APP

Download on the App Store Badge.svg  en badge web generic

 

 

BRITE SHOP

kaos polo brite hijau

Price
Rp 95.000,00

kaos polo brite hitam

Price
Rp 95.000,00

Youtube Briters 3

 

Go to top